Buku untuk wirausaha orang desa

Standar

Kalau ada pengalaman yang tidak saya sengaja dalam penulisan, maka inilah  yang saya tulis dari ketiga buku kelinci. Mulanya, awal 2006 lalu, saya iseng-iseng memelihara kelinci, lalu menghadapi banyak masalah. Akibatnya harus repot mencari referensi untuk mengenal urusan perkelincian. Kurangnya bacaan sampai-sampai harus beli buku khusus pengobatan dan kedokteran kelinci dari Amazon seharga 1,3 juta, termasuk banyak membeli buku-buku dan sumber referensi yang terkait dengan kelinci. Setelah lewat tiga tahun meriset rutin kelinci saya berpikir lebih baik disusun sekalian jadi buku, (niatnya buku tips saja).

Tapi di tengah jalan pikiran berubah. Karena untuk menyampaikan banyak hal tidak mungkin singkat, maka perlu penulisan yang luas.  Jadilah buku tebal Kelinci, Pemeliharaan Secara ilmiah, Tepat dan Terpadu. Sebelum terbit naskah itu dikontrol oleh seorang peternak kelinci handal dari Klaten, Bapak Mutasim Fakkih, sedangkan editornya Embah Mathori A-Elwa, penyair sufi yang dulu jadi editornya Emha Ainun Najib. Sedangkan yang membuat sampul itu Andy Yoes Nugroho (mantan Aktivis Pijar). Terimakasih semuanya.

Lewat beberapa bulan kemudian, banyak teman-teman peternak kelinci  pemula sering kesulitan berhitung target dan kalkulasi bisnis kelinci. Dari situ muncul ide menulis buku tipis khusus untuk memandu bisnis, investasi, pemasaran, dan pemberdayaan ternak kelinci. Judulnya Ternak Uang Bersama Kelinci. Selain meriset sumber-sumber informasi bisnis, saya juga banyak berdiskusi aktif dengan para peternak kelinci di Lembang. Terutama Pak Asep Sutisna yang memiliki pengalaman lapangan lebih 17 tahun berwirausaha kelinci.

Semakin banyak peternak kelinci baru, semakin ada kebutuhan lain. Ada kebutuhan yang lebih praktis dari sekedar wawasan dan ilmu ternak kelinci. Ini sangat terlihat manakala saya dengan Pak Mutasim Fakkih sering terlibat diskusi aktif baik saat mengisi acara pelatihan wirausaha kelinci maupun saat menghadapi banyak peternak pemula. Buku Kelinci Pemeliharaan Secara Ilmiah, Tepat dan Terpadu (sekalipun sudah lumayan tebal) tetap kurang detail dan praktis, terutama untuk para penjaga kandang kelinci.

Agar praktis dibuat buku khusus untuk masalah makanan, kandang, perawatan dan pengobatan. Untuk penulisan ini saya menggandeng kerjasama dengan Bapak Mutasim Fakkih, (dari Klaten), seorang konsultan makanan ternak beberapa pabrik, dan juga  konsultan peternakan dan agribisnis Universitas Muhamadiyah Yogyakarta yang lebih 15 tahun memelihara kelinci dan juga mengurus organisasi peternakan kelinci Prestasi Indonesia.

Saya senang buku yang mulanya tidak sengaja saya tulis ini kini bermanfaat bagi banyak orang. Bukan saja penghobi kelinci yang iseng-iseng bermain dengan kelinci lalu butuh buku, tetapi yang lebih memuaskan adalah banyak orang kota membelikan buku ini untuk bekal usaha saudaranya di desa. Sebagai penulis dan peminat buku tentu ini sebuah pengalaman menarik karena orang kota tidak sekedar menggulirkan uang ke saudaranya di desa melainkan juga membekali dengan ilmu sebelum melangkah berwirausaha.

Karena sudah menulis tiga buku kelinci, semoga tidak menulis buku kelinci lagi, atau jangan-jangan nanti cerita-cerita kelinci itu bisa dilanjut jadi buku fiksi kelinci ya?……:) entahlah…..(faizmanshur)

http://hiburan.kompasiana.com/buku/2010/08/05/tiga-buku-untuk-wirausaha-orang-desa/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s