Penulis: Bebas Berpandangan

Standar

Sebagai penulis, Anda bebas berpikir salah-satu atau kombinasi di antara pandangan-pandangan di bawah ini:

-Bagiku menulis adalah berkarya individual dan siapapun tidak kuijinkan mengubah apalagi mengatur proses dan hasil karyaku. Karena itu aku tak mengijinkan editing.

-Bagiku menulis adalah berkarya terampil untuk menyampaikan pesan secara baik dan tepat kepada masyarakat. Sebaik apapun tulisanku, aku sadar pasti butuh kontrol dari pihak lain. Dengan tidak mensakralkan ketrampilanku itulah aku berserah untuk diproses secara baik melalui editing. Aku memiliki pandangan, 70 persen karya murniku, 30 persen hasil proses editing itu sebagai hal yang wajar.

Bagiku menulis adalah suatu identitas yang tidak bisa disentuh apapun termasuk uang. Aku menulis karena hati-nuraniku dan aku percaya tak baik menghasilkan uang dari tulisan. Dengan tidak berpikir uang aku menulis apapun yang aku mau, termasuk menulis karya non komersil.

-Bagiku, sungguh naïf menulis tanpa memikirkan uang. Uang bukan tujuan utama, tetapi munafik saja penulis tidak berharap uang. Aku pikir tidak perlu mendramatisir dunia penulisan sebagai sesuatu yang suci dari unsur materi. Aku lebih berpikir humanis dan wajar menulis sebagai kerja berbasis kreativitas dan sudah sewajarnya mendapat uang dari hasil kerjaku.

Bagiku menulis itu harus sesuai kehendak hati-nurani dan tidak boleh berpikir untuk mencari peluang pasar. Apa yang aku ketahui itulah yang ditulis dan sebagai penulis aku tak hendak bergeser ke bidang tertentu atau tema tertentu hanya karena penulis yang lain bukunya laris di pasaran. Aku akan bertahan pada garis konsistenku untuk menulis sesuai yang aku ketahui. Tidak etis rasanya aku memiliki identitas yang beragam sebagai seorang penulis ini dan itu.

-Bagiku menulis itu dunia petualangan yang sungguh indah. Aku bisa menulis beragam hal dalam waktu yang sangat cepat dengan beragam tema dengan alur tulisan yang berbeda. Menulis adalah menikmati sensasi batiniah melalui goresan pena.

Aku bisa menulis buku apa saja. Terkadang menulis karena peluang pasar, terkadang hanya karena keinginan tanpa tujuan meraih pangsa pasar penjualan. Dengan berpikir fleksibel semua terasa begitu nikmat. Aku tidak peduli mendapat cap sebagai penulis tidak jelas, sebab tugasku bukan mendapat gelar sebagai penulis jenis itu, atau jenis ini.

Kamu akan mendapatkan apa yang kamu inginkan jika kamu bekerja keras dan tidak keburu mati dulu. “ (Ajaran ZEN)

 

Tinggalkan Balasan

