Perjalanan inspiratif Penulis

Standar

-Sebuah tafsir

Setiap kali menjalani perjalanan jauh, entah naik bus, mobil pribadi, kereta api atau pesawat terbang kita selalu mendapatkan situasi lain, yang khas. Dan situasi itu biasanya terjadi manakala kita melakukan perjalanan sendiri. Saat-saat perjalanan seperti itulah sebenarnya momen-momen kecerdasan seseorang tumbuh berkembang, disemai oleh kenyataan alam yang cepat berubah. Alam yang berubah-ubah dengan cepat membuat pikiran dan rasa seseorang mampu menghadirkan bayangan-bayangan kehidupan yang tak bisa didapat di hari-hari biasa.

Banyak cerita yang menceritakan para penyair seringkali mendapatkan karya besar dari inspirasi sebuah perjalanan. Dan perjalanan juga menyingkap sebuah takdir jalan hidup seseorang. Masing-masing mempunyai tujuan tertentu dengan kepentingan tertentu. Masing-masing mempunyai pandangan tertentu terhadap apa yang mereka lihat. Insiprasi tentang fenomena alam yang paling baik mungkin saja didapat dari orang-orang yang baru pertamakali melewati jalan itu, tetapi bagi mereka yang memiliki bekal pandangan tertentu, dengan keilmuan tertentu, setiap perjalanan adalah objek studi yang amat disayangkan jika dilupakan begitu saja. Terutama bagi mereka yang gemar menuliskan kisah kehidupan, perjalanan adalah sebuah riset yang sangat mubadzir jika tak pernah dicatat, di mana pun itu perjalanan yang ditempuhnya.

Bukankah hidup itu juga sebuah perjalanan?

Perjalanan dengan kendaraan adalah sebuah penyerahan nasib, nasib baik tentunya. Diujung pengharapan tempat yang dituju, setiap orang berharap kemujuran nasib hidupnya, tetapi tiadalah perjalanan itu tanpa resiko. Kepasrahannya kepada pengendali bus, masinis kereta atau pilot pesawat, bahkan kusir andong adalah kepasrahan buta yang diberikan oleh para penumpang untuk menuju “tanah pengharapan.” Hanya doa keselamatan yang bisa jadi jaminan untuk meyakini bahwa perjalanannya akan selamat sampai tujuan. Hanya itu. Selebihnya Tuhan dan Pengendara itu sendiri yang mungkin lebih mengerti masalah-masalah yang dihadapi penumpang.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s