Keseimbangan Lahir Batin Bagi Penulis

Standar

Minggu, 29 Januari 2012 | 14:48 

Kreatif menulis itu butuh proses. Selain butuh proses waktu, juga butuh keuletan tersendiri. Bekal utamanya ialah ketekunan, kesabaran dan kecerdasan. Tekun artinya kesanggupan untuk terus bekerja mengatasi segala kerumitan, sabar artinya sanggup untuk berproses dalam jangka waktu panjang, dan cerdas artinya harus siap menjadi pembelajar sepanjang hidup. Ketiga hal tersebut bisa ketahui, bisa dipelajari dan bisa diwujudkan selama kita memiliki optimisme untuk berhasil.

Ada banyak cara untuk menjadi manusia pembelajar terkait dengan profesi kita menjadi seorang penulis. Bisa secara otodidak, rajin ikut pelatihan, hobi diskusi dengan para senior, membaca buku karya orang lain, dan belajar hidup dan kehidupan dari para penulis senior. Nah, hadirnya buku “Genius Menulis” ini bisa dikoleksi sebagai bagian dari pemenuhan hajat belajar tersebut. Buku ini bukanlah kitab pedoman yang lengkap, apalagi baku, melainkan salah satu pelengkap saja dari sekian buku yang telah ada dan akan ada selanjutnya.

Isi buku ini lebih tepat kita sebut sebagai niatan penulis, Faiz Manshur, untuk berbagi pengalaman proses kreatif, mengatasi persoalan hidup penulis, dan memahami ruang lingkup kehidupan yang pasti akan dialami para penulis. Selain penulis yang ingin berbagi pengalaman menulis, terdapat juga penulis lain dengan ide-ide kreatifnya. Profesi penulis, atau setidaknya kegiatan tulis-menulis, tidak melulu bekerja dalam wilayah kerajinan (craft), melainkan melibatkan wilayah seni (art) yang penuh dinamika dan kreativitas, bahkan melibatkan  sisi batiniah sang penulis.

Menjaga keseimbangan bekerja pada wilayah craft dan art sangat penting dimiliki oleh setiap penulis. Selain dituntut cerdas secara akliah, kita juga mesti peka dari sisi batiniah karena di sanalah tempatnya spiritualitas kehidupan penulis berlangsung. Dua pilar inilah yang akan banyak menolong ide mendarat dalam bentuk teks secara produktif.Beberapa keseimbangan lain yang perlu dijaga, di antaranya; menyeimbangkan pikir dan batin, menyeimbangkan materi dan rohani, menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri, menyeimbangkan gizi makanan dan gizi intelektual.

Buku ini mengajarkan Anda untuk bisa menjadi penulis walau tak sekolah jurnalistik atau sastra. Memberi keyakinan Anda untuk tetap percaya diri dengan tulisan. Bahkan buku ini memandu Anda untuk jadi penulis profesional yang karya-karyanya diterbitkan oleh penerbit bonafide. Menulis sangat bisa menjadi mata pencaharian.[]

Judul: Genius Menulis. Penerang Batin Para Penulis.

Penulis: Faiz Manshur
Pengantar: Remy Sylado
Editor: Miftahudin
Penerbit Nuansa Cendekia
Desain Sampul: Laksmitha Ratu Indira
Illustrator isi: Novalita M.

Rp: 56.000

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s