Manfaat Genius Menulis

Standar

menulis genius

Kalau ditanya, apa hasilnya membaca buku Genius Menulis ini? Pertama saya akan katakan, dapat ilmu hidup sebagai penulis. Ini yang membedakan Genius Menulis dibanding buku lain. Buku lain biasanya hanya membicarakan masalah teknis menulis; memahami istilah/kata, menyusun kalimat, mendesain esai, artikel, opini, buku dan tatacara mengirimkan ke media.

Hal seperti ini sudah biasa dan sebenarnya lebih praktis didapat dari diskusi dengan penulis senior.
Di bagian pertama, genius menulis tidak membicarakan itu, melainkan menjawab pertanyaan serius: apa itu penulis, bagaimana sistem kerjanya, dan bagaimana ia seharusnya hidup. Nampak sekali sang penulisnya menjiwai betul hidup total sebagai penulis.Tidak hanya itu, muatan isinya juga membuktikan kalau sang penulis sangat banyak bergaul dengan penulis-penulis lain dan juga melakukan riset kehidupan penulis luar negeri. Dari bagian awal, dan juga bagian-bagian lain, materi “kehidupan penulis dari buku ini cukup banyak dan benar-benar merupakan hal yang baru. Selain itu solusi untuk meraih kesejahteraan hidup juga disampaikan. Kata kunci lain yang tak kalah penting adalah; mengatasi masalah keluarga, pertemanan, hubungan dengan redaksi, kekurangan uang dan lain sebagainya. Dengan solusi mental-tangguh, buku ini mengajak kita untuk serius hidup menjadi penulis tanpa perlu takut miskin.

Kedua, manfaat besar yang saya dapat ialah perihal pengetahuan tentang dapur redaksi. Karena sang penulisnya juga seorang redaktur dan lama bergaul dengan penerbit, pantas saja ia mampu membuka beragam rahasia keredaksian dan dapur marketing. Dari sini, selain menjabarkan pengetahuan tentang keredaksian, juga terdapat jabaran luas tentang pasar buku. Manfaat terpentingnya adalah kita yang ingin menjadi penulis bisa menyadari situasi redaksi, pasar buku dan kemudian bisa melakukan terobosan untuk membuat naskah-naskah kita diterima masyarakat melalui redaksi media massa atau redaksi penerbitan buku.
Terimakasih kepada penerbit Nuansa Cendekia dan juga kepada penulisnya. Ilmunya sangat bermanfaat.

Abdul Muin.
Purwokerto

Data buku:
Judul: Genius Menulis: Penerang Batin Para Penulis. Pengarang: Faiz Manshur. Kata Pengantar: Remy Sylado. Penerbit: Nuansa Cendekia, Cetakan I, Januari 2012. Rp 56.000.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s