Rumus Hidup Penulis

Standar

Teori menulis

DATA BUKU
Judul: Genius Menulis: Penerang Batin Para Penulis.
Pengarang: Faiz Manshur
Pengantar: Remy Sylado
Editor: Miftahudin
Sampul: Lakhsmita Ratu Indira
Penerbit: Nuansa Cendekia, Bandung (Anggota IKAPI)
Tahun: Cetakan I, Januari 2012
Tebal: 288 Hlm.
ISBN: 978-602-839454-3
Harga: Rp 56.000

Tahun 2012 lalu buku ini akhirnya bisa terbit setelah kira-kira 8 bulan saya endapkan. Editing pelan dan memprosesnya pun pelan-pelan. Setelah hampir dua tahun kemudian akan ada rencana cetak ulang lagi.   Jauh sebelumnya, buku ini diberi Kata Pengantar oleh Remy Sylado atas permintaan saya sendiri. Pak Remy menyetujui karena isinya sejalan dengan pandangan hidupnya.

Setelah menunggu 10 hari akhirnya kata pengantar itu diberikan. Untuk editing dulu saya memilih Mas Miftahudin, Pascasarjana UI, senior saya yang cukup mahir dalam urusan editing. Sedangkan sampul saya pesan khusus kepada Lakhsmita Ratu Indira (Bandung).

Genius Menulis prinsipnya bukan sok kemewah atau bombastisme dalam penjudulan. Jika membaca bagian dalam buku ini nanti akan dijelaskan bahwa genius menulis itu sebenarnya lebih pada urusan ruang atau kesempatan, atau peluang dengan segenap perilaku hidup seperti tekun, disiplin, ngotot dan lain sebagainya.

daftar isi genius menulisdaftar isi menulisdaftar isidaftar isi buku genius

Sebagai kenangan pribadi, buku ini teramat penting saya catat. Setidaknya tentang dua hal:

1) Bahwa dalam melakoni hidup sebagai penulis saya ingin membuat semacam rumus yang bisa berguna untuk laku hidup, laku riset, laku kerja, laku proses kreatif. Di luar itu saya juga memasukkan pengetahuan di luar proses penulisan, yakni tentang dunia industri buku, wawasan perbukuan, tradisi membaca,  urusan keredaksian buku hingga urusan percetakan.

2) Saya merasa lebih penting membuat “teori” laku hidup, atau seni hidup menjadi penulis ketimbang memilih tema sebatas urusan teknis penulisan. Selain sudah banyak ditulis oleh penulis lain, buku panduan praktis rumus penulisan itu terkadang belum masuk wilayah mendalam urusan hidup penulis. Karena itulah saya lebih memilih teori hidup menjadi penulis.[Fm]

kutipan menulis

evolusi manusia, evolusi bahasa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s