Islam Radikal Indonesia

Standar

islam radikalMenyempatkan baca buku karya Solahudin dari awal hingga akhir tiada merugi. Banyak data yang mampu menautkan perjalanan radikalisme dari era kolonial hingga saat ini. Jarang ada studi tetang radikalisme di Indonesia sebaik ini.

Tetang DI/TII,NII,JI, tersimpulkan oleh saya: virus radikalisme tak akan mati dan bisa bermutasi dalam setiap waktu; terutama akan meledak saat terjadi potensi-potensi radikalisme disediakan. Ideologi politik yang ekstrem dipaksakan bisa hadir dan membahayakan karena bisa memicu konflik di sebuah masyarakat.

Itu juga peringatan bagi orang-orang kiri doktriner yang sering memaksakan kehendak atas nama ideologi untuk kemanusiaan. Ideologi bisa menjadi virus kebaikan, tetapi bisa pula menjadi wabah penyakit berbahaya bagi kemanusiaan. Orang-orang militan penyuka martir itu adalah golongan orang yangg tidak bahagia. Memilih menjadi binatangbuas karena aktualisasi kemanusiannya terpinggirkan.

Saya kira Anda tidak perlu menunda membaca buku ini. Kekayaan materi di dalamnya akan menjadikan kita lebih tahu secara mendalam tentang ekstremisme Islam di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s