Sinologi dalam Fiksi

Standar

Perempuan-Bernama-Arjuna-dua-ungu-crop2Bulan Mei 2014, kami harus mempersiapkan novel lanjutan Perempuan Bernama Arjuna ke-2 karya Remy Sylado. Kalau sebelumnya “Perempuan Bernama Arjuna” mengangkat “Filsafat dalam Fiksi”, kali ini akan melanjutkan kisahnya dengan pembahasan “Sinologi dalam Fiksi.”. Semoga lancar dan awal Juni sudah mulai edar.

Ringkasan kisahnya bisa diintip, Arjuna, perempuan muda, bersama suaminya, Jean-Claudie van Damme, Pastor Jesuit yang “insyaf” itu, akhirnya berbulan madu di Bandung, kota yang sejak zaman Belanda punya istilah Bandoeng is Goed Voor pas getrowde paar (Bandung cocok untuk pengantin baru).

Berdua mereka menelusuri keragaman masa kini, mengaca pada masa silam, kemudian mengangkut sejumlah pelajaran kehidupan Sunda, Cina, Belanda, Jawa, Manado, Batak, dan etnik-etnik lain.
Setelah “Filsafat dalam Fiksi (Perempuan Bernama Arjuna ) beredar akhir tahun 2013, Remy Sylado melanjutkan kisahnya dalam buku ini (Perempuan bernama Arjuna II) dengan tema “Sinologi dalam Fiksi”.
Dan sinologi (pengetahuan bahasa dan budaya Cina), dalam novel ini mendapatkan porsi dominan karena ilmu-ilmu Cina memang sudah lama masuk ke bumi Nusantara. Di Jawa Barat, pemakaian istilah Ci, seperti Cicadas, Ciroyom, Cimahi, Cilaki, Cihampelas, menjadi petunjuk sejarah yang jelas.
Novel ini sangat baik untuk menambah vitamin pemikiran sejarah dan merangsang gairah pengetahuan budaya nasional. Isinya seputar potret kehidupan “Parijs van Java”, yang menukik pada masalah “prasangka rasial”, “pri non pri”, “engkoh-encik”, “pembauran”, “masakan Cina”, “muslim Cina”, “musik Cina”, “obat Cina”, hingga seputar “nyetun”, “purenva di Saritem,” yang pokoknya terasa “edun suradun”,….[] -Faiz Manshur. Redaktur Penerbit Nuansa Cendekia Bandung.

Data Buku:
Judul: Perempuan Bernama Arjuna (2) Sinologi dalam Fiksi

Penulis: Remy Sylado

Penerbit: Nuansa Cendekia

Harga: Rp 75.000

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s