Menulis tentang Gunung Padang

Standar

Kamis, 14 Agustus 2014, kami ke Gunung Padang, di Desa Karya Mukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Ini merupakan langkah pertama dalam rangka liputan lapangan dan mengecek sumber-sumber dari riset para peneliti.

gunung padang 1gung padang 4gunung padang 5IMG_20140814_151824

Kami bertiga, saya Faiz Manshur dan Andy Yoes Nugroho (Redaksi Penerbit Nuansa Cendekia Bandung) bersama Hermawan Aksan (Penulis, Redaktur Senior Tribun Jabar) juga sedang “membantu” para peneliti, tetapi dalam bentuk kerja lain.

Kami sedang menyusun sebuah buku tentang Gunung Padang. Niatan ini sedang dilakukan agar situs purbakala Gunung Padang terdokumentasikan lebih banyak. Kalau buku-buku tentang Gunung Padang sebelumnya ditulis langsung oleh peneliti, kami berniat memberikan ulasan berupa buku dengan sudut pandang tersendiri,– tentu dengan tetap mengacu pada proses dan hasil dari kerja para peneliti dari TTRM.

Dengan sudut padang jurnalistik dari Hermawan Aksan, seorang jurnalis, kami berharap nanti masyarakat bisa membaca seluk-beluk Gunung Padang secara lebih luas, dan yang lebih penting lagi memahami secara objektif dan secara lebih mudah. Karena itu, salahsatu tugas dari penulis (Hermawan Aksan) adalah harus mampu membahasakan penelitian dalam buku secara popular.

Gunung Padang selama tiga tahun terakhir ini sudah menjadi bahan pembicaraan yang luas. Sisa-sisa kontroversi dan polemik tentang penelitian masih sering terdengar. Namun sejalan dengan penemuan-penemuan terbaru sepanjang tiga tahun terakhir ini, semakin menunjukkan hasilnya, bahwa apa yang sering disampaikan oleh para peneliti tersebut memiliki kesahihan atas bukti-bukti yang ditemukan.[Faiz Manshur]

Liputan terkait dari saya tentang Gunung Padang bisa dibaca di http://www.rajabasanews.com/20140815/di-gunung-padang-tentara-membantu-kerja-peneliti/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s