Setelah Filsafat dan Sinologi, Kini Javanologi dalam Fiksi.

Standar

Perempuan Bernama Arjuna 3 (1)Yang Silam dari Peradaban Jawa
 Kembali kita berjumpa dengan novel karya sang Maestro Indonesia, Remy Sylado.
Setelah novel sebelumnya sukses menyapa pembaca melalui FILSAFAT DALAM FIKSI  (panjang lebar mengulas sejarah filsafat Barat dan filsafat Timur) kemudian berlanjut  novel SINOLOGI DALAM FIKSI (rangkaian sejarah hubungan orang-orang  Cina di Indonesia), kali ini JAVANOLOGI DALAM FIKSI (ulasan pemikiran, sejarah dan tamadun bangsa Jawa).

Masih seperti sebelumnya, novel ini berkisah tentang Arjuna, perempuan yang  menjadi istri mantan Jesuit “murtad” yang berkelana mempelajari paham-paham pemikiran bangsa Jawa. Di dalam novel ini terangkai sebongkok pengetahuan meliputi falfasah, mitologi, ramalan, seni-budaya, budi-pekerti, ke-Hindhu-an, ke-Buddha-an, ke-Kristenan, ke-Islam-an, nyanyian, kesusastraan, kuliner, traveling, kamasutra Hindhu, dan lain sebagainya. Tak ketinggalan wacana seksualitas cukup mendominasi dalam buku ini sehingga sepantasnya memang buku ini hanya layak dibaca untuk kalangan dewasa.

Setting kisah ini mengambil Jawa bagian Tengah yang menonjolkan sisi historis  peradaban Mataram di era Sultan Agung. Dalam novel ini, Jawa di masa Islam itu pernah mengalami era keemasan dengan prestasi gemilang mewujudkan peradaban Islam—sebuah prestasi yang patut diketahui generasi masa kini. Rekam jejak sejarah yang dikisahkan melalui novel seperti ini menjadikan siapa saja merasa renyah mengunyah pengetahuan ilmiah.[]
-Faiz Manshur, Redaksi Penerbit Nuansa Cendekia

DATA BUKU:
Judul: Perempuan Bernama Arjuna 3 (Javanologi dalam Fiksi)

Penulis: Remy Sylado

Penerbit: Nuansa Cendekia

Harga: Rp 75.000

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s