Resensi di teraspolitik.com

Standar

Menulis dengan Pola Genius

http://www.teraspolitik.com/Jumat, 24/02/2012 11:27 WIB/ Jakarta, Teraspolitik – Menjadi penulis itu dambaan banyak orang. Tetapi hanya sebagian saja yang sukses sesuai harapannya. Karena terasa sulit meraih sukses itulah banyak keprihatinan di kalangan para penulis senior dengan memberikan tawaran berupa tips, kiat atau panduan menulis. Tak cukup sampai di situ, sekarang juga semakin marak kursus atau workshop penulisan. Semua dilakukan untuk menuntut jalan dengan apa yang disebut orang sebagai proses kreatif.

Buku panduan yang bertebaran selama ini ada terkesan normatif bin teoritis sehingga seorang penulis senior, Faiz Manshur, mengupayakan jenis buku lain yang berusaha mengisi kekosongan tersebut dengan istilah Genius Menulis: Penerang Batin Para Penulis.

 Buku ini mengampil tema sebagai buku panduan, tetapi dalam topiknya secara panjang lebar dan mendalam membahas masalah motivasi dan inspirasi. Alasan dasarnya, menulis tidak cukup bekerja untuk melahirkan susunan kalimat hingga membentuk naskah, melainkan juga membutuhkan perangkat pemikiran, arah hidup dan “ideologi” tersendiri. Dalam konteks itu, buku ini sesungguhnya menukik ke arah pembicaraan pola hidup seorang penulis yang mau tidak mau harus dialami dengan segenap keuntungan dan risikonya.

 Hal-hal yang selama ini diketahui oleh para penulis, namun tidak dibicarakan secara panjang lebar disertai cara pandang ilmiah terkuak melalui buku ini. Jika dirangkai secara singkat, buku ini paling tidak mampu memberikan tawaran penting bagi para penulis, atau bagi calon penulis.

 Poin-poin penting itu terangkai dalam gagasan 1) Menjadi penulis sukses bisa diwujudkan tanpa sekolah 2) Mematahkan mitos bakat dengan kerja keras 3) Menghilangkan perasaan rendah diri 4) Tetap produktif di tengah-tengah kesibukan 5) Mengatasi tekanan pikiran dan batin saat menulis 6) Menyingkap evolusi bahasa sebagai pijakan berkarya 7) Meraih nilai lebih, membuka peluang pasar 8) Mengenal dunia penerbitan dan pasar buku 9) Strategi untuk meraih kesejahteraan penulis.

 Satu hal yang penting dipegang untuk para penulis masa kini adalah bahwa, menjadi penulis itu tidak bisa ditempuh secara instan. Pelatihan misalnya memang sangat penting dilakukan, tetapi itu hanya salahsatu cara kecil untuk memproses diri. Hal yang tak bisa dielakkan adalah bahwa hidup menjadi penulis membutuhkan tiga pilar utama, yang oleh Faiz Manshur ditegaskan dengan keharusan untuk 1) tekun 2) sabar, dan 3) cerdas. Tekun artinya kesanggupan untuk terus bekerja mengatasi segala kerumitan. Sadar artinya sanggup untuk berproses dalam jangka waktu yang panjang, dan cerdas artinya harus iap menjadi pembelajar sepanjang hidup.(Hlm 9)
Ketiga hal ini menurut sang penulis disarikan dari pola hidup para genius yang memiliki etos kerja tangguh. Pada tabel (Hlm 16) misalnya, terdapat susunan nama para genius yang di situ ternyata memiliki ratusan karya, sekalipun hanya satu dua saja yang terkenal dan berguna bagi dunia. Di sini Faiz ingin menjelaskan, bahwa untuk menjadi penulis hebat selain terus berproduksi sebanyak-banyaknya (kuantitatif) juga butuh produksi kreatif yang secara sengaja harus diarahkan untuk mencapai kualitas karya.

Para genius mampu melahirkan karya tulis besar dan abadi itu bukan tanpa masalah. Bahkan setiap orang genius memiliki kekurangan. Di sinilah Faiz memberikan pedoman etos kerja agar para penulis bermental tangguh, tidak cengeng dalam menghadapi peliknya hidup menjadi penulis. Buku ini ditulis secara serius, mendalam dan sangat mewakili perasaan hidup para penulis. Oleh karena itulah seorang Remy Sylado yang semangat menyambut buku ini pun sampai berani mengatakan, “buku ini memang tidak seperti kebanyakan buku tuntunan atau arahan menulis yang ditulis oleh kelas “guru desa” dari fakultas ilmu pendidikan yang sesak oleh teori-teori, mbulet, sehingga menakutkan untuk diejawantahkan dalam praktik. Seyogianya buku ini dikatakan memberi pengetahuan yang menangkaskan akal-budi tentang dunia tulis-menulis meliputi kecendekiaan an kesungguhan.”(hlm 6).

Membaca buku ini, terasa bahwa di tengah-tengah maraknya buku yang kuantitatif beredar, selalu ada buku bermutu yang memiliki “kelainan” dengan nilai lebihnya. Itulah mengapa para komentator buku ini, yang terdiri para profesor berkelas, ulama, jurnalis dan sastrawan antusias mengapresiasi buku ini. Gaya bahasa yang lunak, perangkat teori yang matang disertai pengalaman hidup menjadi penulis membuat naskah di dalamnya enak dibaca dan berbobot. Dengan munculnya buku ini, sekarang, kita punya buku lain yang sangat penting untuk dibaca para penulis, terutama yang sangat ingin naskahnya dimuat di media massa dan terbit menjadi buku. (has)

 Judul: Genius Menulis: Penerang Batin Para Penulis.Penulis: Faiz ManshurPengantar: Remy SyladoEditor: Miftahudin. Penerbit: Nuansa Cendekia, Bandung (Anggota IKAPI)Desain Sampul: Laksmitha Ratu IndiraTahun: Cetakan I Januari 2012Tebal: 288 HlmISBN: 978-602-839454-3Harga: Rp 56.000

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s